Senin, 15 September 2014

Kucing meminta pelimpahan jasa 01



Kisah Mukjizat Melafal Amituofo

Kucing meminta pelimpahan jasa
(Bagian 1)
  
Saat seseorang menjelang ajalnya, merupakan penentuan apakah dia akan terlahir ke Alam Sukhavati atau malah masuk kembali ke enam alam tumimbal lahir, keluarga pasien jika dapat membantunya melafal Amituofo, maka dapat membantunya terlahir ke Alam Sukhavati, selamanya terbebas dari lautan samsara. Tetapi pada saat menjelang ajal, musuh kerabat penagih hutang baik yang telah terjalin sejak masa kelahiran lampau maupun yang sekarang, mana mungkin akan berdiam diri? Sebelum hutang piutang diselesaikan secara tuntas, bagaimana mungkin membiarkan dirimu pergi dengan leluasa. Beban tanggung jawab ini, sebagian besar ada  di pundak sanak keluarga dan para sahabat Dharma yang datang melakukan Zhu Nian.   

Maka itu praktisi pelafal Amituofo, janganlah mengandalkan pelatihan diri sendiri yang telah bertahun-tahun, ketrampilan melatih diri yang lumayan, jasa kebajikan dari berdana dan sebagainya. Terkecuali bagi praktisi senior yang telah memiliki kemahiran tingkat tinggi, sehingga datang dan pergi dengan leluasanya. Sedangkan bagi yang masih awam sebaiknya saat menjelang ajal tetap memerlukan bantuan Zhu Nian (kegiatan membantu pasien melafal Amituofo). Kisah berikut ini merupakan pengalaman dari seorang sahabat Dharma yang baru wafat bulan lalu, sebagai buktinya.

Di Asosiasi Lotus Taichung, ketua kelas dari “Kelas Berdana” bernama Hong Huan, usianya 62 tahun, di antara para sahabat Dharma yang rata-rata telah 20 tahun mengikuti Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) belajar Buddha Dharma, boleh dikatakan Hong Huan shijie memiliki berkah terbesar, karena dia memiliki banyak waktu luang, putri dan menantu laki-lakinya, serta cucunya sangat berbakti, sekeluarga meyakini Buddha dan melafal Amituofo, kondisi keuangan keluarga juga sangat berkecukupan, saat berdana juga tidak kikir, maka itu Guru Li mengangkatnya jadi ketua kelas dari “Kelas Berdana”. 

Setiap Rabu ketika Guru Li berceramah, meskipun angin dan badai menyerang juga takkan menghentikan langkah kakinya untuk hadir mendengar ceramah, bukan hanya ini, setiap butir niat pikirannya yang muncul adalah untuk memberikan manfaat kepada para makhluk. Saya selalu memuji Hong Huan shijie di hadapan orang banyak, yang paling sulit diselamatkan adalah anggota keluarga dan para tetangga, tetapi bagaimana dengan A Huan shijie? Dengan menggunakan upaya kausalya, bukan hanya dapat mempengaruhi anggota keluarganya, di daerah sekitar tempat tinggalnya, hampir di dalam setiap rumah ada memuja rupang “Tiga Suciwan Alam Sukhavati”, dapat menyelamatkan satu gang para tetangganya untuk datang meyakini Buddha, ini sungguh langka. Ini adalah buah dari dirinya membangkitkan Bodhicitta!        

Bukan hanya itu, dia juga memikul tugas di organisasi wanita, pernah menghentikan pertikaian belasan rumahtangga, ketika pasangan muda sedang menghadapi perselisihan, menghendaki perceraian, tetapi kemudian setelah dinasehatinya jadi berbaikan kembali, bahkan sebagian besar juga telah mengambil Visudhi Trisarana. Maka itu semua orang memuji keluarga Hong Huan sangat baik, dapat mendukung semangat maitri, karuna, mudita dan upeksanya, dalam kehidupan manusia, ini sudah termasuk sempurna.   


Penulis : Upasika Lin Kan-zhi


念佛感應見聞記

貓兒索債要求超度
(一)

凡人到了臨命終時,除了西方的聖道外,不是天上、人間,便是畜生、餓鬼和地獄等道分判的時候。命終人的眷屬,若能幫助他念佛,那就是送他神識往生西方的聖道,永遠脫離生死苦海。可是臨命終日,如臘月三十日一樣,宿世冤業,債主全部到來,那肯放你干休?債既未了,臨終怎肯讓你逍遙自在。在此一剎那間,這個責任大半在做眷屬的及助念人員的身上。所以念佛修行的人,千萬不要仗著自己修行多年,功夫不錯,種種布施功德亦做的不少。除了真有把握要走就走的行者以外,臨命終時,還是助念要緊。現在且舉一位在前月往生的蓮友來證明。

臺中蓮社,四十八願願主兼施財班班長洪環蓮友,今年六十二歲,在親近炳公恩師二十年的同修中,可以說是最有福報,最為虔誠,最發大心的人,沒有一個人能比得上她的。她的福報是家庭最清閑,女兒、女婿、孫兒都孝順,一家信佛念佛,且家財富裕,布施從不吝惜,所以老師給他領導施財班為班長。他對信佛的虔誠是,每逢老師講經或開會等,都是風雨無阻,不但自行如此,並且心心念念都想要利他。我常向人讚嘆洪環,最難度者就是家族和鄰居,可是阿環呢?真可以說悲智雙運,善巧方便,不但家族志同道合,即在他家附近遠志里、光照巷一帶,幾乎家家戶戶,都供奉著西方三聖像,能度一條巷都來信佛,實屬罕見。這完全是她發大菩提心的成果!不但如此,他又擔任中市北區婦女會幹事,曾經勸止了十幾個家庭的不和,當年輕夫婦面臨感情破裂,要妻離子散的時候,被他無礙的辯才,一經勸導,家庭便變成美滿,並且多皈依了三寶。所以每人都讚嘆洪環師姊家庭環境好,配合她那慈悲喜捨的精神,在人生中,可以說是十全十美的了。


林看治老居士著