Minggu, 24 Agustus 2014

Petikan Ceramah Zhong Mao-sen Bgn 1



Petikan Ceramah Dr.Zhong Mao-sen (Venerable Ding Hong)  yang memperkenalkan sosok Upasika Lin Kan-zhi penulis buku berjudul “Kisah Mukjizat Melafal Nama Buddha”

(Bagian Satu)

Pertanyaan Umat :

Selanjutnya ada pertanyaan dari umat yang dapat dibagi atas tiga butir pertanyaan kecil yakni yang pertama adalah praktisi pelafal Amituofo yang terlebih dulu mengetahui waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, apakah dengan demikian dia pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Atau mungkin ada juga yang mengalami kegagalan, sehingga memerlukan bantuan insan lain untuk membantunya melafal Amituofo? Andaikata masih memerlukan Zhu Nian (kegiatan membantu melafal Amituofo untuk pasien atau orang yang telah meninggal dunia), bagaimana cara melakukan Zhu Nian dengan benar?

Dr. Zhong Mao-sen Menjawab :

Praktisi yang dapat melafal Amituofo hingga bisa mengetahui waktu ajalnya, apakah pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Sulit untuk memastikannya, juga belum tentu. Namun tentu saja jika sudah mencapai tahap memiliki kemampuan untuk mengetahui waktu ajalnya, umumnya kesempatannya terlahir ke Alam Sukhavati sangat besar, anda memiliki kesempatan sebesar 90 persen, namun juga jangan sampai terlalu meremehkan sehingga kurang mawas diri, karena sebelum saat menjelang ajal, sebelum melihat Buddha Amitabha datang menjemput, maka ini masih belum dapat dikategorikan sebagai berhasil.

Seperti Upasika Lin Kan-zhi, beliau adalah saudara seperguruan Guru kami (Master Chin Kung), pada waktu dulu mereka berguru pada Upasaka Li Bing-nan.  Upasika Lin Kan-zhi pada usia 60 tahun baru mengikuti Upasaka Li Bing-nan belajar ajaran sutra, kemudian memberi ceramah Dharma hingga usia 80 tahun lebih, barulah meninggal dunia, beliau merupakan praktisi senior yang sangat dipuji oleh Guru Li Bing-nan.

Upasika Lin Kan-zhi menulis sebuah buku yang berjudul “Kisah Mukjizat Melafal Nama Buddha”, di dalamnya terdapat sebuah kisah, merupakan kejadian dimana Upasika Lin Kan-zhi langsung ikut dalam kegiatan Zhu Nian (membantu melafal Amituofo) tersebut, diperkenalkan lewat seorang teman, ada seorang lansia yang sudah sekarat, meminta bantuan para sahabat Dharma untuk membantunya melafal Amituofo, maka itu Upasika Lin Kan-zhi bersama beberapa umat lainnya pergi melakukan Zhu Nian, menasehati lansia ini agar melafal Amituofo dan bertekad lahir ke Alam Sukhavati.

Lansia ini adalah seorang umat pria, sangat memiliki akar kebajikan, sebelumnya tidak serius belajar Ajaran Buddha, begitu mendengar tentang pintu Dharma pelafalan Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, dengan penuh sukacita dia segera menerimanya, maka mulailah melafal Amituofo, bahkan melafalnya dengan sangat serius, hingga akhirnya dia berkata kepada semua hadirin, besok siang pukul 12 Buddha Amitabha akan menjemputku terlahir ke Alam Sukhavati.

 Semua hadirin amat bersukacita, ini adalah praktisi yang terlebih dulu mengetahui waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah pesan yang disampaikan oleh Buddha Amitabha kepadanya atau perasaannya sendiri? Ini sulit dikatakan, tetapi melihatnya berkata sedemikian maka semua hadirin menanggapinya dengan serius. Dia melafal Amituofo dengan bersungguh-sungguh, sepatah pun tidak terputus, maka itu semua hadirin amat bersukacita. Upasika Lin Kan-zhi masih mengatur beberapa umat lagi untuk melakukan Zhu Nian pada esok harinya, agar lebih banyak lagi hadirin yang dapat menyaksikan langsung kejadian dimana pasien sudah terlebih dulu mengetahui waktunya terlahir ke Alam Sukhavati.

Petikan Ceramah Dr.Zhong Mao-sen 2 Juli 2009


()

问:下面第十一个问题,分三个小问。一,念佛人预知时至往生西方极乐世界,是否决定往生?还是也有往生不了的,需要助念帮助往生?如果需要助念,应依何佛法经论如法助念?

  钟茂森博士答:能够念佛念到预知时至,是不是决定往生?很难讲,也不一定。当然能够预知时至这种功夫,基本上往生把握很大,你有九成多的把握,但是也不可以掉以轻心,因为没到往生的时候,没见到阿弥陀佛来,那都未必是成功。我们看到林看治老居士,这是我们师父上人的师兄,过去跟李炳南老居士学习,一位女众。她不简单,六十岁才开始跟李炳老学习经教,后来讲经说法到八十多岁就往生了,李炳老非常赞叹的一位大德。她过去写了一本书,叫《念佛感应见闻记》,里面我记得有一个例子,是林看治老居士她自己去参加助念的,是经一个朋友介绍,一个老人家快不行了,说请求助念,於是林看治老居士就跟著几位居士一起去助念,劝他念佛,劝他求生净土。
  这位老人是位男众,很有善根,过去没怎么学佛,一听到往生净土的法门,很欢喜接受,就能够念佛,念得也很认真,结果念到后来告诉大家说,明天中午十二点钟,阿弥陀佛会来接我往生。大家就很欢喜,这是预知时至,是阿弥陀佛给他报的信,还是他自己有感觉?很难说,但是他这么说,看样子真的是这样。他念佛念得很虔诚,真的一句佛号不间断,所以大家也很欢喜。林看治老居士还邀集了好几位居士第二天来继续助念,让大家看看这预知时至的老人怎么往生的。
  
修行与生活座谈会  钟茂森博士主讲  (第四十九集)  2009/7/2  中国云南晚晴轩  档名:52-213-0049