Rabu, 17 September 2014

Berdiri beranjali terlahir ke Alam Sukhavati




Kisah Mukjizat Melafal Amituofo

Berdiri beranjali terlahir ke Alam Sukhavati

Di dunia ini hal yang paling menyedihkan tak lain adalah kematian, tidak ada seorang pun yang dapat luput darinya. Maka itu Buddha Sakyamuni dengan hati karuna yang paling mendalam, tanpa ditanya, Beliau membabarkan sendiri pintu Dharma Sukhavati, mengajari pengikutNya asalkan membangkitkan keyakinan benar dan tekad menyeluruh, melafal Amituofo dengan setulusnya, berniat terlahir ke Alam Sukhavati, tergantung pada sebersit niat pikiran terakhir praktisi saat ajalnya berakhir, selain itu juga memerlukan para sahabat Dharma datang membantu melafal Amituofo secara benar, tetapi kenyataannya banyak sanak keluarga yang tidak tahu membantu melafal Amituofo, untuk mengantar alayavijnana pasien agar terlahir ke Alam Sukhavati, menikmati kebahagiaan buat selama-lamanya, malah sebaliknya menangis memilukan, sehingga mendorong almarhum jatuh ke tiga alam penderitaan, menjalani  siksaan dalam jangka waktu panjang, ini yang paling memilukan! Berikut ini adalah kisah nyata seorang praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati dalam posisi berdiri :

Sepuluh tahun yang lalu, sahabat Dharma yang bernama Lai Dong-liang, pernah menceritakan padaku tentang kisah mukjizat dari seorang praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, dia berkata : di dekat rumahnya, ada seorang praktisi yang bernama A You shijie, usianya 68 tahun, tidak mengenal huruf, hanya tahu melafal Amituofo, memiliki seorang putri dan seorang menantu laki-laki.

Kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari di Vihara Ling Shan yang diadakan pada musim semi dan gugur, juga dihadirinya, melihat semua peserta baik pria maupun wanita mengenakan jubah Hai Qing (jubah warna hitam yang biasanya dikenakan dalam kebaktian Mahayana), sungguh berwibawa dan rapi.

Suatu hari dia berkata pada menantunya : “Tolong jual cincin emasku ini”. Menantunya bertanya : “Anda tidak memerlukan banyak uang, buat apa menjualnya!” Dia berkata : “Saya ingin memiliki sehelai jubah Hai Qing, kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari, akan segera tiba, saya ingin mengenakan Hai Qing saat kegiatan tersebut berlangsung”. Menantunya bertanya lagi : “Berapa harga Hai Qing nya, biar saya yang belikan buat anda saja, tidak perlu harus sampai menjual cincin!” Lalu A You shijie menjawab 200 dollar.

Hari pertama pada kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari, A You shijie mandi dan mengganti pakaian, lalu mengenakan jubah Hai Qing yang baru, bersiap-siap menyalakan dupa dan lilin, setelah bernamaskara pada rupang Buddha di rumahnya sendiri, lalu hendak berangkat ke Vihara Ling Shan mengikuti kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari.

Pada saat itu tetangganya yang bernama San-mei juga bangun pagi-pagi untuk berangkat bersama-sama mengikuti kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari, A You shijie berkata : “A San-mei! Anda berangkat duluan, saya hendak bernamaskara dulu di rumah”. Setelah A San-mei berangkat, A You shijie masih mengenakan Hai Qing dengan lincah melakukan namaskara pada Buddha, lalu berlutut memandang dan mengagumi kewibawaan rupang Buddha, tiba-tiba dia melihat rupang Tiga Suciwan Alam Sukhavati dapat berputar, bersamaan itu pula tempat pendupaan juga ikut berputar, hatinya merasa semakin keheranan, dan semakin dilihat semakin berputar.

A You shijie tidak dapat menemukan alasannya, dia masih belum melepaskan jubah Hai Qing nya, lalu menuju rumah para tetangganya yang juga merupakan sahabat Dharma, mengundang mereka ke rumah untuk menyaksikan, mengapa rupang Tiga Suciwan Alam Sukhavati di rumahku berputar-putar?

Sekitar 3-5 orang sahabat Dharma segera ikut ke rumahnya, begitu melihatnya, mereka membantah hal ini, ketika para sahabat Dharma secara serentak mengeluarkan bantahan, tetapi tidak ada jawaban dari A You shijie, ketika mereka memalingkan muka, terlihat A You shijie berdiri dan tidak bergerak, tangannya beranjali dan wajahnya tersenyum, beliau telah terlahir ke Alam Sukhavati.

Kemudian para sahabat Dharma melakukan Zhu Nian (membantu melafal Amituofo), mengajari sanak keluarganya agar tidak menangis, mengajak mereka untuk melafal Amituofo.  Lalu meminta menantunya untuk pergi ke Vihara Ling Shan, mengundang A San-mei untuk bersama-sama membantu melafal Amituofo.

Ketika menantunya sampai di Vihara Ling Shan dan memberitahukan berita ini kepada A San-mei : “Ibundaku telah terlahir ke Alam Sukhavati, mohon anda ikut bersama membantu melafal Amituofo”, A San-mei tampak tak percaya, karena baru saja tadi pagi dia bertemu A You shijie, mereka masih janjian untuk bersama-sama mengikuti kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari di Vihara Ling Shan!

Kisah mukjizat terlahir ke Alam Sukhavati ini, saya juga pernah bertanya kepada A San-mei shijie, membuktikan kebenarannya, sama sekali tidak ada unsur rekayasa.

Penulis : Upasika Lin Kan-zhi



念佛感應見聞記
  
合十而立含笑生西

世間最悲哀痛苦的事,莫過於死亡,沒有一人不知道,也沒有一人可能避免。因此世尊徹底悲心,無問自說,介紹了淨土法門,教人以真信切願,老實念佛,求生西方。須知往生西方,要在本人自己最後的一念做主,同時也必須蓮友助念如法,可是六親眷屬,往往不知幫助念佛,以送亡人神識,往生西方極樂世界,永遠享受安樂,卻反而悲哀啼哭叫喊,將亡人神識推墮地獄、餓鬼、畜生三途,長受苦楚,最堪悲傷!茲再舉念佛往生,立化生西的事實如下:

在十年前,蓮友賴棟樑居士曾對我說過一件往生的奇蹟,他說:他家附近,有一位阿幼師姊,六十八歲,平常一字不識,只會老實念佛,膝下單生一女,招一女婿。靈山寺春秋二季的佛七,她都參加,眼看男女同修都穿著海青,莊嚴整齊。有一天就對女婿說:「我這隻金戒指,你給我拿去變賣。」女婿問她:「你老人家又不用什麼錢,要賣戒指做什麼!」她就回答說:「我很希望有一件海青,打佛七快要到了,我要穿著參加佛七。」女婿問她:「海青要多少錢,我給你做就是了,不必賣金戒指了!」阿幼師姊說要二百元。

佛七的第一天清旦,阿幼姊就沐浴更衣,穿了新製的海青,準備先燒香燃燭,拜了自己家中的佛像,再去靈山寺打佛七。當時,鄰居有一位蓮友叫阿三妹的,早起就來約他同去打七,阿幼姊說:「阿三妹!你先去吧,我要在家裏先拜拜佛。」阿三妹走後,阿幼姊身穿海青,快快活活的跪下禮佛三拜,抬頭瞻仰聖像,只見三尊聖像團團轉動。同時,香爐的香亦會轉,心中不免愈想愈覺奇怪,而愈看愈轉。

阿幼師姊想不出所以然,身穿著海青也不脫掉,就到鄰居幾位蓮友家中請她們來看,為何我家西方三聖與香爐都會團團轉呢?三五蓮友隨她到家一看,都說沒有這回事,蓮友們異口同聲的說時,卻不見阿幼姊的回答,等回頭一看,阿幼姊站著一動也不動,兩手合十已經含笑歸西。蓮友們即時為她如法助念,教她家族不可哭泣,一齊助念佛號。又叫她女婿到靈山寺,去請阿三妹亦同來助念,當她女婿到寺見到阿三妹,告訴她:我媽媽已經往生西方要請她去助念時,阿三妹那裏肯信,因為她早上還見到阿幼姊,還約她同上靈山寺參加佛七呢!此一生西奇蹟,我亦問過三妹師姊,證明確實,並無半句虛言。

林看治老居士著